Mencetak dokumen dari Handphone Android

14.25.00
Setelah mengetahui fungsi dari OTG di hape android, maka kali ini saya akan membagikan cara mencetak dokumen dari hape android langsung ke printer melalui koneksi kabel OTG.

Tapi sebelum itu, kamu lebih dulu harus menginstal aplikasi khusus pada smartphone android. Salah satu aplikasi yang direkomendasikan untuk mencetak langsung dari hp ke printer adalah PrinterShare dan printer share premium key
Aplikasi ini bisa anda unduh pada link di bawah ini








setelah anda install kedua aplikasi tersebut, maka langkah selanjutnya adalah :

  • Yang pertama kamu harus lakukan adalah menyalakan printer dan menghubungkan smartphone milikmu ke printer menggunakan kabel USB On The Go alat OTG yang lain
  • Buka aplikasi PrinterShare. Saat pertama kali, kamu harus memilih printernya terlebih dahulu. Tekan Select printer dan pilih Direct USB Connected karena kita menyambungkan smartphone dengan menggunakan kabel USB OTG.
  • Ketika printer sudah terdeteksi maka setelahnya akan muncul perintah untuk menginstal driver printer, tekan YES. Driver printer biasanya otomatis akan terunduh melalui internet dan akan memakan tempat 4 MB memory internal.
  • Setelah driver printer diinstal, sekarang kamu bisa membuka file yang akan kamu cetak dari hp android. Akan muncul tampilan print preview dengan tombol option di bawahnya.
  • Dengan menekan tombol option kamu bisa mengatur ukuran kertas, ukuran font, orientasi kertas, margin kertas dan yang lainnya seperti halnya pengaturan printer di computer.
  • Setelah mengatur semuanya, kamu bisa menekan tombol print untuk mencetaknya dan dokumen WORD, EXCEL, PDF atau fotomu akan tercetak!
Awalnya memang sedikit ribet karena harus menginstal terlebih dulu driver printernya, tetapi jika sudah terbiasa maka proses mencetak akan menjadi lebih mudah dan lebih cepat dengan hp android. 
Selain dengan kabel USB OTG, aplikasi PrinterShare juga bisa mengintegrasikan smartphone dengan printer melalui wifi dan Bluetooth apabila printer memiliki support terhadap wifi dan Bluetooth.

Selamat Mencoba...













Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »