ANALISIS SKL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Nama Sekolah : SMA NEGERI 1 PANGGANG Tahun : 2011
NISN : 301040303041 Alamat : Giriwungu, Panggang, Gunungkidul
No | SKL | THP Berfikir | STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | KELAS | |||||||||
X | XI | XII | ||||||||||||
1 | 2 | 1 | 2 | 1 | 2 | |||||||||
1 | Memahami ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan fungsi manusia sebagai khalifah, demokrasi serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi | C1 C1 A2 | Memahami Ayat-Ayat Al-Qur’an Tentang Manusia Dan Tugasnya Sebagai Khalifah Di Bumi | Membaca QS Al Baqarah: 30, AlMukmi-num: 12-14, AzZariyat: 56 dan An Nahl : 78 | √ | | | | | | ||||
Menyebutkan arti QS Al Baqarah: 30, AlMukmi-num: 12-14, AzZariyat: 56 dan An Nahl: 78 | √ | | | | | | ||||||||
Menampilkan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung da-lam QS Al Baqarah: 30, AlMukminum: 12-14, AzZariyat: 56 dan An Nahl; 78 | √ | | | | | | ||||||||
C1 C1 A2 | Memahami Ayat-Ayat Al-Qur’an Tentang Demokrasi | Membaca QS Ali Imran: 159 dan QS Asy Syura: 38 | | √ | | | | | ||||||
Menyebutkan arti QS Ali Imran 159: dan QS Asy Syura: 38 | | √ | | | | | ||||||||
Menampilkan perilaku hidup demokratis seperti terkandung dalam QS Ali Imran;159, dan QS Asy Syura: 38 dalam kehidupan sehari-hari | | √ | | | | | ||||||||
C1 C2 C3 | Memahami Ayat-Ayat Al Quran Tentang Pengembangan Iptek | Membaca QS Yunus:101 dan QS Al-Baqarah: 164 | | | | | | √ | ||||||
Menjelaskan arti QS Yunus: 101 dan QS Al-Baqarah: 164 | | | | | | √ | ||||||||
Melakukan pengembangan iptek seperti terkandung dalam QS Yunus: 101 dan QS AlBaqarah: 164 | | | | | | √ | ||||||||
2 | Meningkatkan keimanan kepada Allah sampai Qadha dan Qadar melalui pemahaman terhadap sifat dan Asmaul Husna | C1 C2 A2 | Meningkatkan Keimanan Kepada Allah Melalui Pemahaman Sifat-Sifatnya Dalam Asmaul Husna | Menyebutkan 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna | √ | | | | | | ||||
Menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna | √ | | | | | | ||||||||
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna | √ | | | | | | ||||||||
C2 C5 A2 | Meningkatkan Keimanan Kepada Malaikat | Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Malaikat | | √ | | | | | ||||||
Menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Malaikat | | √ | | | | | ||||||||
Menampilkan perilaku sebagai cerminan beriman kepada Malaikat dalam kehidupan sehari-hari | | √ | | | | | ||||||||
C2 C1 A2 | Meningkatkan Keimanan Kepada Rasul-Rasul Allah | Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah | | | √ | | | | ||||||
Menunjukkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah | | | √ | | | | ||||||||
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari | | | √ | | | | ||||||||
C5 C3 | Meningkatkan Keimanan Kepada Kitab-Kitab Allah | Menampilkan perilaku yang men-cerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah | | | | √ | | | ||||||
Menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah | | | | √ | | | ||||||||
| | C5 C3 A2 | Meningkatkan Keimanan Kepada Hari Akhir | Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir | | | | | √ | | ||||
Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir | | | | | √ | | ||||||||
Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari | | | | | √ | | ||||||||
C1 C3 | Meningkatkan Keimanan Kepada Qadha’ Dan Qadar | Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qodar | | | | | | √ | ||||||
Menerapkan hikmah beriman kepada qadha dan qodar | | | | | | √ | ||||||||
3 | Berperilaku terpuji seperti husnuzzhan, taubat dan raja dan meninggalkan perilaku tercela seperti isyrof, tabzir dan fitnah | C1 C1 A2 | Membiasakan Perilaku Terpuji | Menyebutkan pengertian perilaku husnuzhan | √ | | | | | | ||||
Menyebutkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia | √ | | | | | | ||||||||
Membiasakan perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari | √ | | | | | | ||||||||
C2 C5 A2 | Membiasakan Perilaku Terpuji | Menjelaskan pengertian taubat dan raja` | | | √ | | | | ||||||
Menampilkan contoh-contoh perilaku taubat dan raja` | | | √ | | | | ||||||||
Membiasakan perilaku bertaubat dan raja` dalam kehidupan sehari-hari | | | √ | | | | ||||||||
C2 C2 A2 | Menghindari Perilaku Tercela | Menjelaskan pengertian isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah | | | | | | √ | ||||||
Menjelaskan contoh perilaku isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah | | | | | | √ | ||||||||
Menghindari perilaku isyraf, tabzir, ghibah, dan fitnah dalam kehidupan sehari-hari | | | | | | √ | ||||||||
4 | Memahami sumber hukum Islam dan hukum taklifi serta menjelaskan hukum muamalah dan hukum keluarga dalam Islam | C1 C2 C3 | Memahami Sumber Hukum Islam, Hukum Taklifi, Dan Hikmah Ibadah | Menyebutkan pengertian, kedudukan dan fungsi Al Qur,an Al Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam | √ | | | | | | ||||
Menjelaskan pengertian, kedudukan, dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam | √ | | | | | | ||||||||
Menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari | √ | | | | | | ||||||||
C2 C2 C3 | Memahami Hukum Islam Tentang Mu’amalah | Menjelaskan asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam | | | √ | | | | ||||||
Memberikan contoh transaksi ekonomi dalam Islam | | | √ | | | | ||||||||
Menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam kehidupan sehari-hari | | | √ | | | | ||||||||
C2 C2 C2 | Memahami Hukum Islam Tentang Hukum Keluarga | Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam | | | | | √ | | ||||||
Menjelaskan hikmah perkawinan | | | | | √ | | ||||||||
Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia | | | | | √ | | ||||||||
5 | Memahami sejarah Nabi Muhammad pada periode Mekkah dan periode Madinah serta perkembangan Islam di Indonsia dan di dunia | C2 C2 | Memahami Keteladanan Rasulullah Dalam Membina Umat Periode Makkah | Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Mekkah | √ | | | | | | ||||
Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah | √ | | | | | | ||||||||
C2 C2 | Memahami Keteladanan Rasulullah Saw Dalam Membina Umat Periode Madinah | Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah periode Madinah | | √ | | | | | ||||||
Mendeskripsikan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah | | √ | | | | | ||||||||
C2 C5 C5 | Memahami Perkembangan Islam Di Indonesia | Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia | | | | | √ | | ||||||
Menampilkan contoh perkembangan Islam di Indonesia | | | | | √ | | ||||||||
Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di Indonesia | | | | | √ | | ||||||||
C2 C5 C5 | Memahami Perkembangan Islam Di Dunia | Menjelaskan perkembangan Islam di dunia | | | | | | √ | ||||||
Menampilkan contoh perkembangan Islam di dunia | | | | | | √ | ||||||||
Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di dunia | | | | | | √ | ||||||||
Mengetahui, Kepala Sekolah Drs. H. Subaryadi NIP. 19590605 198703 1 010 | | Panggang, Juli 2011 Guru Mata Pelajaran M. Nashrun Fathoni, S. Pd. I NIP. 19830317 200903 1 003 | ||||||||||||
1 comments:
trims file nya, sangat membantu